Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk Gluten Free dan Dairy Free, Siapa yang Harus Mengonsumsinya?

Baru-baru ini, diet free gluten dan dairy free sedang marak dibicarakan, bahkan ada beberapa yang melaksanakan program diet tersebut tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi. Padahal, diet gluten free dan dairy free justru hanya disarankan untuk kondisi-kondisi tertentu. Seperti apakah kondisi kesehatan yang dianjurkan? Begini penjelasan seputar produk gluten free dan dairy free!

Gluten Free

Apa Itu Produk Gluten Free?

Produk gluten free adalah produk-produk yang tidak mengandung gluten atau singkatnya, terbebas dari gluten. Sedangkan, gluten sendiri adalah jenis protein yang biasanya ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian (jagung, gandum, quinoa).

Secara alami, kandungan gluten dapat ditemukan dengan mudah di dalam makanan, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menemukannya pada olahan makanan yang lain. Sebab gluten ini bisa diekstraksi hingga ditambahkan ke makanan untuk meningkatkan kandungan protein, rasa, dan teksturnya. Misalnya, sereal, pasta, dan kue.

Perlu kamu tahu, tidak semua orang harus mengonsumsi produk gluten free. Pada dasarnya, gluten bukanlah kandungan yang berbahaya bagi kesehatan. Dengan diet gluten free, banyak orang yang bilang bahwa cara ini dapat meningkatkan kesehatan saluran cerna, mencerahkan kulit, hingga menurunkan berat badan.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa mengonfirmasi terkait hal tersebut. Sebab, gluten sebenarnya justru menyediakan protein, serat pangan, dan mikronutrien yang sangat berguna bagi tubuh.

Nah, hanya saja orang yang intoleran terhadap gluten dan memiliki penyakit celiac tidak dianjurkan untuk mengonsumsi gluten, sehingga harus menggunakan produk gluten free.

Agar kamu lebih paham, di bawah ini adalah beberapa orang yang disarankan mengonsumsi produk gluten free:

  • Celiac, adalah penyakit autoimun ketika tubuh menghasilkan reaksi yang berlebihan terhadap kandungan gluten yang pada akhirnya merusak lapisan usus halus. Alhasil, penyerapan nutrisi di saluran cerna terganggu.
  • Gluten Ataxia, adalah kelainan autoimun yang menyebabkan sistem imun tubuh menyerang bagian otak sebagai respons pada saat mengonsumsi gluten.
  • Alergi gandum, adalah respons tubuh dimana tidak dapat mengenali gluten maupun protein gandum lainnya. Akibatnya, memicu gejala muntah, diare, sesak napas, hingga kembung.
  • Sensitivitas gluten non-celiac, kondisi dimana tubuh memberikan reaksi negatif terhadap gluten seperti nyeri perut, kembung, dan diare.

Apa Itu Produk Dairy Free?

Bila gluten free digunakan untuk orang yang intoleransi gluten, maka dairy free ini dikhususkan bagi orang yang intoleransi laktosa. Lalu, apa sih maksud dari produk dairy free?

Produk dairy free merupakan produk yang di dalamnya tidak terkandung produk susu dari hewan, termasuk juga olahannya. Beberapa contoh olahan produknya, keju, mentega, dan yogurt.

Untuk jenis susu yang biasanya kita konsumsi itu berasal dari sapi dan kambing. Sementara, bila produk susunya berasal dari tumbuh, tidak dapat dikategorikan sebagai produk dairy free.

Sekarang, pertanyaannya, apakah semua orang boleh mengonsumsi produk ini? Tentu saja boleh, tetapi tetap ada beberapa kondisi yang lebih disarankan mengonsumsinya. Contohnya, orang yang intoleransi laktosa, ingin mengontrol gula darah, diet lemak jenuh, dan vegan.

Nah, agar kamu tetap bisa merasakan manfaat dari produk gluten free dan diary free secara optimal, tentunya sangat penting untuk memilih produk gluten free dan dairy free yang 100% asli. Tetapi, jangan khawatir, kamu bisa beli di wholesolblendbar.com. Produknya dijamin asli, tepercaya, dan tentunya berkualitas!

Posting Komentar untuk "Produk Gluten Free dan Dairy Free, Siapa yang Harus Mengonsumsinya?"